Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dedicated Server

Apa pengertian dedicated server? Pertanyaan ini biasa muncul pada kita yang ingin mengelola blog atau website dengan lebih profesional. Biasanya ketika seseorang merasa kurang puas dengan segala batasan yang ada pada hosting gratis. Atau ketika seorang blogger ingin memindahkan blog dari blogspot ke Wordpress self hosted.

Istilah Dedicated Server ini sangat terkait dengan istilah hosting. Karena sebenarnya dedicated server hanyalah salah tipe hosting. Jadi sebelum anda membaca lebih lanjut mengenai pengertian dedicated server ini, saya sarankan untuk membaca terlebih dahulu Pengertian dan Jenis Web Hosting.

Ok, sekarang mari kita lanjutkan ….

Pengertian Dedicated Server

Dedicated Server adalah salah satu tipe hosting yang menawarkan sebuah server secara penuh kepada hanya satu buah akun penyewa. Artinya, jika anda memutuskan untuk membeli (sebenarnya hanya menyewa) sebuah layanan hosting dedicated server, maka anda akan mendapatkan akses sepenuhnya terhadap sebuah server.dedicated server

Apa kelebihan dedicated server?

Akses penuh, itulah kelebihan utamanya. Anda bisa menentukan sistem operasi, spesifikasi hardware server, dan pengaturan-pengaturan lain yang biasanya dibatasi pada tipe hosting yang lain.

Kalau ternyata kita bukan orang yang advance-advance banget untuk urusan ini, jangan khawatir, biasanya perusahaan web hosting penyedianya masih akan memberikan dukungan untuk hal-hal yang terkait, seperti penginstallan dan sebagainya. Anda akan mendapat prioritas, karena memang harga dedicated server itu lebih mahal dari pada yang shared server. Bisa dibilang ini layanan premium, maka jangan heran kalau provider akan memberi lokasi dan data center khusus untuk layanan hosting yang satu ini.

Apa kekurangan dedicated server?

Hampir tidak ada, kecuali bahwa harganya relatif mahal. Cukup sepadanlah dengan segala ‘kuasa’ yang anda dapatkan. Selain itu, butuh pengguna yang tidak gagap untuk mengelolanya. Semua masalah yang berkait dengan website anda, harus ditangani sendiri. Ini kadang diperlukan, karena data yang bersifat rahasia atau terlalu sensitif untuk ditangani orang luar.

Anda tidak hanya harus menguasai skill pengelolaan website, tapi juga hardware-nya, OS-nya, sistem keamanannya, jaringannya, sampai database.

Siapa yang memerlukan dedicated server?

Tidak semua orang butuh layanan sebagus, sebesar, dan semahal ini. Biasanya, layanan hosting dedicated server ini digunakan oleh perusahaan besar dengan database yang juga sangat besar dengan pengelolaan yang kompleks.

Untuk blogger biasa, layanan VPS dan shared hosting itu sudah cukup.

Berapa kisaran harga layanan dedicated server?

Kalau di Indonesia, anda akan menemui layanan ini dengan harga terendah Rp. 1,500.000 perbulan. Yang paling paling mahal ya antara 3 sampai 4 juta per bulan, bisa lebih.

Apa yang menentukan harga layanan dedicated server?

Anda mungkin bertanya, kog rentang harganya relatif jauh begitu ya? Faktor apa yang mempengaruhi harga dedicated server?

Ada beberapa hal sih. Tapi yang paling besar pengaruhnya adalah spesifikasi hardware komputer server yang digunakan. Kemudian kecepatan maksimal jaringan Indonesia (IIX) dan kecepatan maksimal jaringan internasional yang nanti anda dapatkan.

Sebagai gambaran, amati tabel berikut:

Specifications

Paket-1

Paket-2

Paket-3

Processor

Intel Xeon E3-1220v2

Intel Xeon E3-1230v3

Intel Core i7-2700k

Frequency

3.1 GHz

3.3 GHz

3.5 GHz

CPU

4 cores / 4 threads

4 cores/8 threads

4 cores/8 threads

RAM

8 GB

8 GB

32 GB

Hard Disk

1 x 1 TB

2 x 1 TB

2 x 1 TB

IP Address

5 IPv4

5 IPv4

5 IPv4

IIX Network speed

1 Gbps

1 Gbps

1 Gbps

Int’l Network speed

20 Mbps

20 Mbps

20 Mbps

Traffic

Unmetered

Unmetered

Unmetered

Datacenter

Indonesia (Jakarta)

Indonesia (Jakarta)

Indonesia (Jakarta)

Monthly Price (IDR)

Rp.2.400.000

Rp.2.600.000

Rp.3.200.000

Mahal ya? Hehe… Atau anda masih mengejar yang gratisan? Lumayan bagus kog, silahkan baca: Daftar Penyedia Hosting Gratis.

Bagaimana? Semoga membantu anda untuk memilih layanan dedicted server yang murah tapi bagus sesuai dengan kebutuhan anda.

Post a Comment for "Pengertian Dedicated Server"