Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Akomodasi (Umum dan Perhotelan)

Pengertian Akomodasi | Istilah akomodasi ini relatif luas penggunaannya. Mulai dari ilmu sosial, biologi, fisika, sampai dalam dunia pariwisata. Tergantung dengan tujuan anda mencari pengertian akomodasi ini dari sisi keilmuan yang mana. Maka dari itu, yang pertama, dan ini tidak akan terlalu dalam pembahasannya di sini, kita akan lihat apa pengertian akomodasi secara umum, atau dari sisi ilmu sosial. Baru nanti, yang kedua, kita akan melihat pengertian akomodasi dari sisi pariwisata.

Ok, yang pertama, secara umum dan ilmu sosial dulu.

Coba kita cek bagaimana definisi akomodasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ternyata seperti ini:

ako·mo·da·si (n)

  1. sesuatu yg disediakan untuk memenuhi kebutuhan, misalnya tempat menginap atau tempat tinggal sementara bagi orang yg bepergian: dia bertugas menyiapkan -- bagi para tamu yg datang dr luar daerah
  2. Bio penyesuaian mata untuk menerima bayangan yg jelas dr objek yg berbeda
  3. Antr penyesuaian manusia dl kesatuan sosial untuk menghindari dan meredakan interaksi ketegangan dan konflik
  4. Sos penyesuaian sosial dl interaksi antara pribadi dan kelompok manusia untuk meredakan pertentangan
  5. Lay kamar atau ruang tempat tinggal awak kapal atau penumpang kapal;

Dalam ilmu sosial – hubungan antar individu, biasanya kata akomodasi digunakan dalam dua arti, yaitu sebagai suatu keadaan dan suatu proses.

Makna akomodasi sebagai suatu keadaan itu artinya adanya kenyataan bahwa terjadi keseimbangan (equilibrium) dalam hubungan antar individu dan / atau kelompok dalam berinteraksi sehubungan dengan norma-norma sosial dan kebudayaan yang berlaku.

Jika kita melihat akomodasi sebagai suatu proses, maka arti akomodasi adalah usaha manusia (sebagai individu atau kelompok) untuk meredakan atau menghindari konflik dalam rangka mencapai keseimbangan, atau akomodasi adalah suatu proses dalam hubungan-hubungan sosial yang mengarah kepada adaptasi sehingga antar individu atau kelompok terjadi hubungan saling menyesuaikan untuk mengatasi ketegangan-ketegangan.

Terserah, bagaimana anda akan mengungkapkannya dalam bahasa anda sendiri. Bisa saja anda mengatakan pengertian akomodasi dalam ilmu sosial menjadi seperti berikut:

  • Pengertian Akomodasi adalah cara manusia untuk menyelesaikan sengketa antara pihak-pihak yang terkait, tanpa menghancurkan salah satu pihak dan menjaga kepribadian masing-masing tetap pada prinsipnya.

Dalam prakteknya, akomodasi tidak hanya memiliki satu bentuk, tergantung dengan situasi dan perkembangan interaksi antar individu dan kelompok yang terlibat. hNah, bentuk-bentuk akomodasi tersebut dicirikan menjadi berikut ini:

  1. Coercion. Ini bentuk akomodasi yang terjadi karena salah satu pihak memaksakan kehendaknya terhadap pihak lain yang lebih lemah. Tidak sepenuhnya terjadi adaptasi.
  2. Kompromi. Supaya ketegangan atau konflik bisa direduksi, maka pihak yang bertikai bisa sama-sama mengurangi tuntutan sehingga tercapai titik temu tertentu yang disepakati semua pihak.
  3. Arbitrasi. Kalau yang ini, adalah bentuk akomodasi dimana pihak-pihak yang berseteru tidak dapat mencapai kesepakatan sendiri, sehingga memerlukan kehadiran pihak ketiga yang netral untuk menengahi mereka. Biasanya, pihak ketiga ini adalah pihak yang memiliki otoritas, sehingga pihak yang bertikai bisa tunduk dengan arahan mereka.
  4. Mediasi. Ini sama dengan arbitrasi, tetapi posisi pihak ketiga tidak memiliki kewenangan untuk memberi keputusan atau penyelesaian. Biasanya pihak ketiga ini berasal dari individu atau kelompok yang secara struktural posisinya sama dengan pihak-pihak yang bertikai.
  5. Konsiliasi. Ini adalah proses bentuk akomodasi untuk mempertemukan keinginan-keinginan dari pihak-pihak yang berselisih demi tercapainya kesepakatan bersama.
  6. Toleransi. Bentuk akomodasi yang satu ini terjadi ketika pihak-pihak bisa saling beradaptasi dan menghindarkan konflik serta pertikaian meskipun tanpa ada kesepakatan apapun sebelumnya.
  7. Stalemate. Bentuk akomodasi ini terjadi ketika pihak-pihak yang bertikai memiliki kekuatan yang seimbang.
  8. Ajudikasi. Ada kalanya, sengketa atau pertikaian harus diselesaikan sampai di pengadilan. hNah, bentuk akomodasi yang demikian ini disebut dengan Ajudikasi.

Pengertian Akomodasi (Perhotelan)

Berhubung dalam dunia perhotelan istilah akomodasi ini memiliki kekhususan, maka perlu juga kita melihat pengertian Akomodasi Perhotelan secara khusus.

Pengertian Akomodasi Perhotelan

Tidak terlalu jauh dari yang sudah didefinisikan dalam KBBI, secara khusus, akomodasi adalah sarana untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan yang dapat dilengkapi dengan pelayanan makan dan minum serta jasa lainnya.

Pada umumnya orang hanya mengenal hotel sebagai jasa layanan akomodasi. Sebenarnya ada banyak sekali jenis layanan jasa yang termasuk dalam saranan akomodasi ini. Dan inilah yang membuat kita bisa membedakan jenis-jenis akomodasi. Hotel hanyalah salah satu jenis layanan akomodasi.

Jenis – jenis Akomodasi

1. Hotel

Hotel adalah sebuah layanan komersial yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan, makan dan minum serta jasa lainnya bagi umum.

2. Motel

Hampir sama dengan hotel, hanya biasanya lebih kecil dengan beberapa kekhususan layanan dan tempatnya. Sehingga muncul pengertian yang sedikit berbeda, seperti ini:

a. Bangunan yang terletak di luar kota dan daerah sekat high way (jalan raya), biasanya pada bangunan itu disediakan penginapan dalam bentuk apartemen dan dapat untuk tempat tinggal kurang dari 24 jam, apartemen itu memiliki pintu masuk  tersendiri dan satu garasi atau tempat parkir mobil.

b. Gabungan dari dua kata, yakni motor dan hotel, yaitu hotel yang menyedikan fasilitas khusus, yakni kendaraan bermotor.

c. Motor hotel, yaitu sejenis akomodasi yang biasanya terdapat di antara dua kota besar, tempat para pengendara mobil dapat beristirahat sesudah perjalanan jauh dan baru meneruskan perjalanannya pada keesokan harinya; mobil pemilik dapat diparkir dekat kamar.

3. Guest House

Sejenis akomodasi yang memberikan layanan penginapan, makan dan minum, dengan fasilitas sederhana. Padanan dalam bahasa Indonesia adalah Pondok Wisata. Guest House biasanya berawal dari rumah tinggal biasa yang dilengkapi fasilitas untuk tamu untuk menginap. Pelanggan paling umum adalah keluarga.

4. Youth Hostel

Adalah bangunan bagi para pejalan muda, penaik sepeda, dan sebagainya dapat tinggal dan makan atau menyediakan makanannya sendiri dengan murah.

5. Apartemen

a. Apartement

Bangunan yang menyediakan jasa akomodasi jangka panjang untuk sejumlah orang dalam unit tersendiri lengkap  dengan kelengkapan rumah tinggal normal, seperti dapur dan ruang makan tersendiri.

b. Apartement Hotel

Bangunan bercorak hotel yang terdiri dari beberapa apartement yang tidak menyediakan jasa catering (pelayanan).

6. Sanatorium

Akomodasi jenis ini menyediakan penginapan dan makanan khusus bagi orang dengan penyakit tertentu. Biasanya memiliki fasilitas kesehatan untuk penanganan penyakit tertentu, misalnya asma.

7. Pension

a. Rumah penginapan

b. Bentuk lain dari akomodasi bagi wisatawan, baisanya juga disediakan penginapan dan makanan pagi dengan biaya yang murah, terutama di Eropa.

c. Bisa juga dikatakan sebagai hotel kecil  yang menyediakan makan pagi tamu dengan tariff tertentu. Perlengkapannya diatur menurut tingkat dan kepentingan tamu. Usaha penginapan dengan makan dalam bentuk kecil ini biasanya hanya menempati satu atau dua lantai suatu bangunan bertingkat. Akomodasi bentuk ini menyediakan ruangan umum.

8. Bungalow

Sejenis akomodasi yang berbentuk rumah, berlokasi di daerah pegunungan yang disewakan untuk keluarga sebagai tempat peristirahatan pada waktu liburan. Penginapan dan jasa – jasa lain (tanpa catering) untuk sejumlah orang pada waktu yang bersamaan.

9. Ryokan

Penginapan ala Jepang yang khas menurut adat istiadat negeri tersebut. Perlengkapan serta pelayanannya disesuaikan benar – benar dengan tata cara kehidupan Jepang, seperti upacara minum the, duduk bersimpuh atau bersila di lantai, mengenakan kimono, dan sebagainya.

10. Mess

Sejenis akomodasi yang dibangun dan disediakan sebagai tempat tinggal bagi karyawan, pegawai, atau anggota suatu instansi dalam suatu kelompok tertentu (bujangan, perwira, trainee). Dalam pengertian lain, mess adalah penginapan dengan atau tanpa makan, disediakan bagi pejabat – pejabat resmi dari salah satu instansi, jawatan atau perusahaan tertentu dengan perhitungan pembayaran yang murah dan diatur tersendiri oleh instansi, jawatan atau perusahaan yang bersangkutan sendiri.

11.  Home stay

Suatu jenis akomodasi yang berasal dari rumah masyarakat umum yang telah ditingkatkan fasilitas dan sarananya, sehingga memenuhi syarat – syarat kesehatan, yang disewakan kepada wisatawan.

12. Logement (Losmen)

Sejenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bangungan rumah yang menyediakan penginapan dengan/ tanpa makan – minum bagi setiap orang yang datang untuk beristirahat sementara waktu.

13. Inn

Suatu tempat yang menyediakan penginapan, makan dan minum, serta pelayanan umum lainnya, disewakan kepada orang – orang yang singgah untuk sementara waktu dengan jangka waktu menginap terbatas.

14. Hospiz

Penginapan di pegunungan, terutama di daerah wilayah pegunungan Alpen, juga merupakan penginapan yang diselenggarakan.

15. Rooming House

Suatu bangunan atau bagian dari suatu bangunan tanpa perlengkapan ataupun peralatan yang disewakan untuk jangka waktu pendek kepada lebih dari 2 orang penyewa yang bukan anggota keluarga pemilik bangunan tersebut.

16. Schutzhutte

Penginapan – penginapan di daerah pegunungan Alpen, dipergunakan oleh wisatawan – wisatawan untuk melindungi diri dari serangan angin ribut, topan dan salju, terutama oleh para olahragawan ski dan pekerja di daerah pegunungan tersebut.

17. Cottage

Sejenis akomodasi yang berlokasi di sekitar pantai atau danau dengan bentuk bangunan – bangunan terpisah, disewakan untuk keluarga, serta dilengkapi dengan fasilitas rekreasi.

18. Kurhotel atau Kurpension

Hotel atau pension yang terletak di wilayah daerah wisata kesehatan yang tunduk kepada ketentuan yang berlaku di daerah tujuan wisata tersebut. Banyak diantaranya menyedikan pemandian yang mengandung mineral dan pengobatan khusus menurut petunjuk dokter ahli. Dalam hal ini termasuk pula kurhouse, tersendiri dari penginapan yang tunsuk pada ketentuan – ketentuan pengobatan dan mempunyai fasilitas untuk pesta, soire (aktivitas bersuka ria malam hari), konser, kasino dan lain sebagainya.

19. Hostel atau asrama

Penginapan yang disediakan oleh instansi (biasanya pendidikan) yang digunakan oleh para pelajar atau siswa sekolah tertentu  untuk waktu tertentu, yang juga menyediakan makanan atas sewa dan harga semurah mungkin. Untuk pembangunan dan pengelolaannya dilakukan oleh instansi tersebut.

20. Minshuku

Penginapan semacam losmen di daerah pesisir dalam lingkungan wilayah pedesaan para nelayan Jepang. Asal mulanya adalah perkampungan nelayan, dan kaum wisatawan yang ingin mengetahui perikehidupan uang masih serba asli datang menginap di rumah nelayan yang desebut minshuku, yang mirip dengan home stay.

21. Perkemahan

Dalam bahasa asingnya disebut camping, adalah tempat yang agak luas diperuntukan bagi mereka yang sedang mengadakan perkemahan dengan tanpa dipungut bayaran. Tempat ini mempunyai sifat administrasi dengan peraturan tertentu untuk menyelesaikan segala sesuatu mengenai fasilitas dan kebutuhan bagi mereka yang hendak berkemah. Di tempat itu lalu didirikan kemah – kemah, diatur secara bersama – sama dengan mereka yang berkemah.

22.  Foresteire

Bangunan yang terletak di pinggir hutan atau lereng gunung dengan perabotan sederhana, yang juga menyediakan makanan, disewakan kepada orang – orang yang tinggal untuk beberapa hari dalam perjalanan mereka melintasi hutan, gunung atau perbatasan

23. Pusat Peristirahatan

Dalam bahasa asingnya disebut holiday centre, merupakan sekelompok bangunan yang merupakan kesatuan unit, tempat beristirahat mempunyai akomodasi baik untuk perorangan maupun rombongan, di mana secara kesatuan mempunyai tempat makan, hiburan dan fasilitas olah raga serta rekreasi.

24. Rumah Istirahat

Bahasa asingnya holiday homes, perumahan di pedesaan atau di tepi pantai atau di lereng gunung di Eropa yang disediakan oleh organisasi bantuan untuk keperluan keluarga. Keluarga yang hendak membutuhkan rumah istirahat ini di musim libur dapat menghubungi pengelola dengan sewa sangat murah disetujui kedua belah pihak secara berdamai.

sumber:

Post a Comment for "Pengertian Akomodasi (Umum dan Perhotelan)"