Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Binatang Herbivora Apa Yang Memburu Tumbuhan Makanannya Seperti Karnivora?

Semua pemakan daging atau biasa kita sebut sebagai karnivora, melakukan perburuan untuk mendapatkan makanannya. Hanya manusia yang kemudian mengembangkan peternakan sebagai pengganti aktivitas berburu ini. Mengapa berburu, karena pemilik daging itu biasanya bisa berpindah tempat sehingga harus dikejar sebelum bisa dimakan. Pada umumnya herbivora, atau pemakan tumbuhan, tidak perlu berburu karena yang dimakan hanya bisa diam ditempat. Tumbuhan tidak lazim berpindah lokasi meskipun dalam jarak dekat dan waktu yang singkat.

Tapi ternyata, ada hewan herbivora yang harus berburu seperti hewan karnivora sebelum memakan tumbuhan tertentu. Binatang apakah itu? Mengapa tumbuhan ini harus diburu? Memangnya dia bisa berpindah tempat?

Memang sih yang dimaksud dengan berburu di sini bukan harus berlari mengejar seperti cheetah. Tapi lebih mirip dengan singa yang mengendap, bergerak menentang arah angin supaya baunya tidak tercium calon mangsa, dan akhirnya makan dengan enak.

Binatang apa sih yang dibicarakan ini?

Jerapah

Jerapah saudara-saudara. Mereka itu harus bergerak melawan arah angin, kalau perlu mengambil jalan memutar untuk sampai ke pohon Akasia yang daunnya adalah makanan favorit Jerapah. Emmm?

Mengapa? Memangnya Akasia akan tahu kalau mau dimakan? Atau Akasia itu akan memberi tanda bahaya pada pohon Akasia yang lain bahwa mereka dalam bahaya?

baca juga: Tahukah anda, Sapi akan memroduksi lebih banyak susu jika mendengarkan musik?

Ternyata memang seperti itu.

Ceritanya, pohon Akasia itu punya yang namanya Tannin yang akan dilepaskan ke udara ketika mereka tertekan – daunnya dimakan, rantingnya patah, atau ancaman-ancaman lain -  Si Tannin ini membuat rasa daun Akasia akan lebih pahit. hNah,  pohon Akasia lain yang mendeteksi ada temannya yang mengeluarkan Tannin juga akan ikut-ikutan mengeluarkan Tannin, jadi daun Akasia di wilayah itu akan pahit semua.

Si Jerapah kemudian harus ‘berburu’ ketika memilih makan daun Akasia. Dia akan memilih daun yang berada di tempat yang paling ujung dari arah hembusan angin sehingga Tannin yang dikeluarkan tidak bisa dideteksi pohon Akasia yang lain. Bagaiamana? Mau meniru si Jerapah?

Post a Comment for "Binatang Herbivora Apa Yang Memburu Tumbuhan Makanannya Seperti Karnivora?"