Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sapi Akan Memroduksi Lebih Banyak Susu Jika di Dekatkan Dengan?

Kalau ada yang mengatakan belajar sambil mendengarkan alunan musik akan menambah efektifitasnya itu sudah biasa dan berterima secara umum. Tapi kalau ada yang bilang bahwa sapi akan memroduksi susu lebih banyak jika diperdengarkan musik? Apakah anda percaya itu?

Ternyata itu benar loh. Pada tahun 2001, ada sepasang peneliti dari Universitas Leicester di Inggris yang mengumumkan hasil penelitian mereka tentang penggunaan musik untuk menambah produksi susu pada sapi perah.

Apakah hasilnya signifikan?

Hanya 3% sih peningkatannya. Kalau sapi perah anda cuman satu, itu memang hampir tidak ada gunanya, kecuali membuat pekerja juga nyaman berlama-lama di kandang sapi. Tapi bayangkan kalau anda punya peternakan sapi perah dengan populasi sampai puluhan, ratusan atau lebih sapi perah. Maka anda tidak akan berani mengatakan peningkatan produksi susu sebesar 3% itu tidak besar.

Sapi Memakai Headset

Jenis musik apa yang bisa meningkatkan produksi susu sapi perah?

Ternyata tidak semua jenis lagu. Faktanya, sapi lebih memilih lagu-lagu dengan tempo lambat, misalnya lagunya R.E.M Everybody Hurts dan What a Difference a Day Makes milik Aretha Franklin. Jika sapi-sapi tersebut diperdengarkan pada lagu dengan tempo cepat seperti lagu dance atau club mixes, ternyata tidak ada peningkatan produksi susu-nya.

Para peneliti itu tidak perlu mengatakan sampai dua kali sebelum para peternak sapi perah memperdengarkan musik pada ternak mereka.

Sebenarnya, para peternak sapi perah di Eropa dan Amerika Serikat sudah sejak lama memperdengarkan musik pada sapi-sapi ternak mereka. Peternakan sapi perah yang beroperasi penuh itu sibuk sekali dan tentu saja bising. Untuk mengurangi resiko stress pada sapi, mereka memainkan lagu-lagu bertempo lambat seperti lagu klasik, lagu country yang sendu, dan juga lagu ber-genre soul.

Supaya lebih menarik lagi, pada 2012, British Columbia Dairy Association merilis daftar lagu untuk meningkatkan produksi susu sapi. Dan uniknya, daftar lagu ini dipilih oleh para sapi. Mereka memberikan suaranya dengan memroduksi susu lebih banyak. Jika sepanjang diperdengarkan sebuah lagu ternyata hasilnya sedikit, maka lagu tersebut akan dicoret dari daftar.

Pertanyaan saya, apakah di Indonesia para peternak sapi perah sudah ada yang mencoba memperdengarkan lagu kalem untuk sapi mereka? Lagu langgam Jawa, gending-gending dan keroncong mungkin cocok. Asal bukan campursari atau yang Sakitnya Di Sini itu saja. Hehe…. sumber: How To Geek, credit foto: ken@themaxfieldreport.com

Post a Comment for "Sapi Akan Memroduksi Lebih Banyak Susu Jika di Dekatkan Dengan?"