Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian E-Mail

Pengertian email | Secara singkat, kita bisa menyebut definisi email adalah fasilitas komunikasi yang memanfaatkan jaringan internet untuk berkirim surat elektronik. Melalui email, pengguna bisa mengirimkan teks dengan disertai attachment berupa file.

Email dapat memanfaatkan html untuk menata tampilannya, sehingga email bisa terlihat lebih dinamis dan interaktif.

Jenis-jenis email

Pada dasarnya email dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu email berbasis SMTP/POP dan email berbasis web.

Email berbasis SMTP/POP

SMTP/POP adalah singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol/Post Office Protocol). Email jenis ini menggunakan server SMTP/POP yang berfungsi sebagai temmpat untuk menyimpan email dari pengguna dan meneruskannya pada akun email pengguna lainnya.

Aplikasi Gmail dari Google untuk smartphone, sekarang juga bisa digunakan untuk mengakses email berbasis SMTP/POP dengan mudah untuk lebih dari satu akun. Jadi anda bisa menambahkan akun email selain akun Google anda bersama-sama.

Saat ini, yang umum memakai email berjenis SMTP/POP ini adalah email dari Internet Service Provider.

Akun Email

Email berbasis WEB

Hampir semua layanan email berbasis SMTP/POP sekarang juga menyediakan layanan email yang berbasis web. Artinya, pengguna tidak harus menggunakan email client software untuk mengakses akun email mereka. Cukup dengan browser di laptop atau PC, atau juga di smartphone mereka.

Dari sejak pertama kali digunakan secara masal sampai sekarang, fitur email telah mengalami banyak sekali tambahan fitur dan kemampuan. Komunikasi melalui email juga tetap eksis meskipun sekarang banyak bermunculan aplikasi chatting yang tampilannya lebih user friendly dan mudah digunakan.

Email memiliki kelebihannya sendiri. Tidak heran mengapa untuk mendaftar atau registrasi akun apapun, termasuk membuka akun di bank, alamat email anda sangat diperlukan. Jika anda belum punya akun email, silahkan dicoba Cara Membuat Email Yahoo Paling Gampang

Yang sempat membuat saya merasa aneh adalah, mengapa begitu banyak orang yang akrab dengan Facebook dan Twitter, serta jejaring sosial yang lain, ternyata malah asing dengan akun email mereka sendiri. Terlalu banyak orang yang curhat akun jejaring mereka di hack, eh…, padahal tidak bisa login karena lupa password-nya.

Juga tidak banyak orang yang menyadari, bahwa Facebook juga secara otomatis memberi anda akun email yang langsung aktif begitu akun Facebook anda jadi.

Jika anda pengguna Android, maka (seharusnya) anda juga punya email dengan akun Google. Jika anda pengguna Android yang agak advance, maka soal email ini tidak akan membuat anda alergi. Tapi ternyata bagi banyak orang yang lain, email itu bisa dibuatkan penjaga konter penjualan smartphone, tanpa mereka merasa perlu tahu apa password-nya. Aneh kan?

Post a Comment for "Pengertian E-Mail"