Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Mencari Pekerjaan di Bidang IT

Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan IT? Saingan anda banyak sekali tuh. Pekerjaan di bidang IT memang cukup menjanjikan penghasilan dan jenjang karir yang bagus. Sehingga sangat wajar jika peminatnya sangat banyak. Terbukti dengan banyaknya lulusan IT yang bagus-bagus dan siap bersaing mencari pekerjaan di bidang yang berkaitan dengan teknologi informasi ini. Salah satunya: anda.

hNah, untuk anda yang sudah berusaha sekian lama mencari pekerjaan di bidang IT tapi belum dapat-dapat juga, kali ini Dee Belajar akan membagikan 5 tips mencari dan mendapatkan pekerjaan di bidang IT.

Tapi sebelumnya, harap diketahui juga, jika 5 tips berikut ini sama sekali bukan tips mudah atau cepat. Semua tetap butuh usaha, ketekunan, dan keberuntungan – untuk yang terakhir ini jangan terlalu diandalkan, karena ada masa kedaluwarsanya, hehe….

Dan harap dipahami juga, bahwa pekerjaan di bidang IT itu sangat luas cakupannya. Meskipun kalau merujuk pada jurusan yang anda ambil ketika sekolah atau kuliah, kelihatannya agak spesifik. Dengan luasnya pilihan ini, bisa jadi anda tersesat diantara banyak pilihan.

Bagaimanapun, kebingungan memilih pekerjaan ini sangat wajar, dan anggaplah sebagai proses yang musti anda lalui untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion anda yang sebenarnya. Banyak orang yang berpindah bidang pekerjaan, berpindah divisi atau bahkan berganti haluan sama sekali, sampai mereka menemukan yang paling nyaman dijalani.

baca juga: Ini Prospek Karir Lulusan Jurusan Informatika – Jangan Takut Tidak Dapat Kerja

Dan selama anda tidak berhenti berusaha dan mencari, anda akan menemukan (atau ditemukan) pekerjaan di bidang IT yang pas dan sesuai dengan cita-cita anda.

5 Tips Mencari Pekerjaan di Bidang IT

5 tips mencari dan mendapatkan pekerjaan di bidang IT

1. lengkapi diri anda dengan sertifikat yang mendukung pekerjaan yang anda inginkan

Ada banyak pelatihan, kursus, dan tes yang bisa memberi anda sertifikat yang akan membuat portofolio anda sulit ditolak perusahaan yang akan mewawancarai anda.

Ikutilah program sertifikasi yang diselenggarakan Microsoft, Cisco, atau yang lain. Kebanyakan program sertifikasi yang mereka berikan bersifat gratis atau sedikit sekali mengambil tabungan anda.

Tidak perlu malu atau takut gagal mengikuti tes dan sertifikasi seperti ini. Toh, mereka juga tidak akan mengenali anda di kemudian hari, kecuali nilai anda terlalu amat sangat bagus ditambahi sekali. Lakukan saja. Anda tidak akan menyesal.

baca juga: 5 Situs Penyedia Psikotes Online Gratis

2) Selalu aktif dan berani jemput bola

Jelas akan sangat sulit bagi anda untuk mendapatkan pekerjaan di bidang apapun, terutama IT, jika anda mengharapkan pekerjaan akan datang sendiri kepada anda. Perusahaan di bidang IT memiliki banyak sekali sub pekerjaan, mulai dari yang sederhana sampai sangat teknis. Tunjukkan bahwa anda tertarik dan siap untuk belajar. Jangan ragu untuk mengerjakan tugas-tugas berbeda atau yang bukan menjadi bagian rutinitas pekerjaan harian anda. Dan jangan lupa untuk membangun hubungan baik dengan rekan-rekan anda. Anda akan belajar banyak dari orang-orang di sekitar anda untuk menghadapi tantangan dan permasalahan dalam pekerjaan anda. Tanpa hubungan baik, anda tidak akan bertahan lama di satu tempat.

3) Kuasailah sebanyak mungkin keterampilan dasar bekerja

Kecuali anda siap malu dan dipermalukan, anda harus memiliki beberapa keterampilan dasar yang apapun pekerjaan anda, akan sangat membantu anda bekerja dan bersosialisasi dengan orang lain.

Anda perlu nyaman bekerja dengan detail, bagus dalam perhitungan matematis dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian), bisa menganalisa masalah, tidak gugup dengan data yang besar, dan memiliki kerangka berfikir yang logis.

Faktor lain yang juga akan sangat membantu anda dalam bekerja adalah kemampuan untuk beradaptasi, kemampua menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat, serta bisa belajar dengan cepat.

Jika anda merasa kurang dalam beberapa skill dasar untuk bekerja di atas, anda bisa saja meningkatkan kemampuan dengan belajar sendiri, atau mengikuti kursus. Belajar adalah proses terus menerus yang tidak berhenti sekalipun anda sudah mendapatkan ijasah atau sertifikat. Utamanya ketika anda memang berniat untuk mendapatkan pekerjaan di bidang IT yang sangat dinamis dan berubah setiap saat.

4) Bangunlah hubungan baik dengan sebanyak mungkin orang

Adalah tidak mungkin anda mendapatkan pekerjaan dengan hanya menunggu ada orang yang menawarkannya pada anda – terutama karena merasa kasihan. Gunakan waktu anda untuk menjalin hubungan baik dengan sebanyak mungkin orang, dan biarkan mereka tahu apa ketertarikan anda apa yang anda bisa.

Jangan ragu untuk ikut acara-acara yang berkaitan dengan ketertarikan anda. Disana anda akan mengenal dan dikenal orang lain. Pertemuan semacam ini akan membuka peluang bagi anda untuk bertemu dengan orang-orang yang bisa memberi anda kesempatan meraih karir lebih tinggi.

baca juga: Tips Membuat Toko Online Untuk Anda Yang Bosan Jadi Karyawan

5) Jangan batasi diri anda

Semasa menjadi siswa atau mahasiswa, sangat wajar ketika anda memiliki gambaran tertentu tentang pekerjaan yang anda inginkan di kemudian hari. Ini hal bagus, tetapi bukan berarti anda harus juga membatasi diri terhadap kesempatan yang datang.

Ketika anda melamar pekerjaan, atau sudah bekerja, bisa jadi atasan anda akan memberi anda beban tugas yang berbeda dari spesifikasi yang anda pikir anda miliki. Mereka tentu sudah melakukan analisa atas skill dan kemampuan anda, sampai menyimpulkan anda akan sanggup mengerjakan tugas tersebut.

Jangan menolak kesempatan seperti ini. Ambil tawaran ini dan bangunlah portofolio anda. Pada akhirnya anda bisa menggabungkan kemampuan baru yang anda dapatkan dari bekerja dengan pengetahuan yang anda dapatkan semasa kuliah. Ini akan membuat posisi anda di perusahaan atau tim anda semakin bagus. Jangan lupa baca juga 7 Jurusan Kuliah Yang Lulusannya Bisa Punya Gaji Besar.

1 comment for "5 Tips Mencari Pekerjaan di Bidang IT"

soal ujian sekolah September 19, 2019 at 1:18 PM Delete Comment
bermanfaat sekali, trims telah berbagi ilmu