Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Toko Online–Tips Menentukan Barang Yang Akan Dijual

Membuat toko online itu mudah dan murah. Untuk modal awal, anda cukup keluarkan modal antara 300 ribu sampai 1,5 juta rupiah. Itu sebagai modal untuk beli domain, hosting, dan setting awal toko online anda. 

Jika anda kesulitan membuatnya sendiri, tinggal cari penyedia layanan membuat toko online. Cari yang cocok antara harga dan fasilitas yang diberikan. Jika sudah ok, dalam waktu paling lama dua minggu, toko online anda sudah siap dan anda sudah mulai bisa menunggu order dari pelanggan. Kalau mau belajar sendiri sih, asal sabar, anda pasti bisa juga.

Apa benar semudah itu membuat toko online?

Secara teknis, memang hanya seperti itu. Beli domain, beli hosting, siapkan theme yang bagus beserta beragam plugin Wordpress untuk memudahkan anda mengurusnya nanti, dan juga memanjakan calon pelanggan untuk semakin cepat memutuskan membeli barang anda. 

Sudah. Hanya itu.

Yang jadi persoalan utama sebenarnya bukan di urusan teknis membuat toko online. Tapi jauh sebelum itu, mau jualan apa?

Ada banyak cerita dimana seseorang begitu bersemangat membuat toko online dan tidak segan untuk berinvestasi lumayan besar demi memilikinya. 

Bayangan akan segera memperoleh keuntungan dari penjualan secara online yang sedang naik daun ini membuat persiapan yang matang dianggap sebagai pemborosan waktu dan membuatnya ketinggalan alias kalah start dari pesaing. Toko online dibuat dulu, barang yang akan dijual dipikirkan belakangan. 

Hasilnya? 

Banyak toko online yang keburu mangkrak tidak terurus sebelum genap satu tahun.

Jika anda ingin membuat toko online, punya uang untuk berinvestasi, punya semangat yang selalu terbarukan setiap bangun pagi, sebaiknya mundur dulu selangkah lalu pikirkan mau jualan apa. 

Iya, apa? Mau jualan apa? 

Kalau sama saja dengan toko online lain akan terlalu tinggi resikonya to?

Online Shop

Tips Menentukan Barang Yang Akan Dijual

Beda dengan mereka yang mengawali toko online dengan sebelumnya sudah memiliki toko offline dimana barang yang akan dijual sudah ada.

Toko yang benar-benar mengandalkan internet untuk menjual barangnya, haruslah sangat spesifik sehingga kalau bisa, anda menjadi satu-satunya.

Menentukan barang yang akan dijual di toko online itu sebaiknya berangkat dari masalah. Entah masalah itu awalnya adalah masalah anda sendiri atau masalah yang dialami orang lain. 

Kita harus mencari orang-orang yang butuh pemecahan dari masalah mereka. Kemudian, kita harus yakin, kalau mereka yang mengalami masalah itu akan rela mengeluarkan uang supaya masalah mereka teratasi.

Kalau sudah dapat, kita tinggal cari atau membuat barang yang mereka butuhkan, lalu jual. Itu saja. 

Singkatnya seperti ini langkah menentukan barang yang akan dijual secara online:

  1. Identifikasi masalah banyak orang
  2. Pastikan orang-orang tadi mau mengeluarkan uang untuk masalahnya
  3. Cari atau buat barang yang untuk mengatasi masalah tadi
  4. Jual

Bagaimana? Sudah punya bayangan akan menjual apa untuk toko online anda nanti?

Post a Comment for "Membuat Toko Online–Tips Menentukan Barang Yang Akan Dijual"