Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biaya Sekolah Pramugari

Ingin menjadi pramugari? Ini perkiraan kebutuhan dana untuk biaya sekolah pramugari di Indonesia.
Ada banyak Sekolah Pramugari di Indonesia. Saya tidak akan menyebutkan nama-nama mereka di sini, nanti malah dikira iklan, hehe…. Tapi di posting ini anda akan mendapatkan informasi kisaran biaya untuk menjadi pramugari dengan mengikuti pendidikan (atau kursus?) sebelum akhirnya anda bisa bekerja di maskapai penerbangan.

Biaya pendaftaran sekolah pramugari di Indonesia
Dari beberapa sekolah pramugari yang saya ketahui, mereka menetapkan harga pendaftaran atau kalau saya menyebut sih harga formulir pendaftaran sebesar antara Rp. 150.000,- – Rp. 350.000,-

Bisa dibilang mahal. Meski juga terhitung wajar jika dibandingkan dengan biaya pembelian formulir pendaftaran di beberapa sekolah menengah atau perguruan tinggi.
Pramugari Cantik
Biaya Pendidikan Sekolah Pramugari
Untuk biaya pendidikannya sendiri, juga bervariasi antar sekolah penyelenggara pendidikan pramugari. Kisarannya antara Rp. 20.000.000,- sampai Rp. 30.000.000,-

Semua sekolah pramugari memberikan kemudahan pembayaran biaya pendidikan mereka kog. Anda bisa mencicil. Tanyakan saja beragam kemudahan yang ditawarkan.

Supaya tidak membuang-buang uang, bertanyalah sebelum membeli formulir pendaftaran. Karena biasanya uang formulir ini akan hangus jika anda tidak jadi masuk.

Pastikan saja dulu anda paham dengan prosedurnya.

Lebih lanjut baca juga: Persyaratan Masuk Sekolah Pramugari

Mengapa ada rentang biaya sekolah pramugari sebegitu jauh?
Setidaknya ada dua alasan mengapa beda rentangnya lumayan jauh dan agak ‘tidak masuk akal’.
Pertama, karena fasilitas yang disediakan oleh masing-masing sekolah tersebut berbeda. Tentu ini akan membuat perbedaan tadi. Seperti ketersediaan asrama dan fasilitas penunjang lainnya.

Kedua, ada beberapa sekolah pramugari yang menawarkan beberapa program berbeda. Ada yang hanya 3 bulan, 6 bulan, dan satu tahun. Ini juga berbeda-beda harganya. Dan khas seperti ‘sekolah-sekolah’ lain macam ini, yang waktunya singkat, harganya lebih mahal.

Mengapa begitu? Haha, hanya mereka yang tahu, dan jikapun mereka menjawab, kecil kemungkinannya mereka menjawab yang sebenarnya.

Apa saja yang akan didapatkan siswa sekolah pramugari dengan uang sebesar itu?
Rata-rata inilah fasilitas umum yang akan anda dapatkan:
  • Materi Pelatihan
    • Materi Kepramugarian
    • Bahasa Inggris
    • Tata Kecantikan
    • Kelola Kepribadian
    • dll
  • Seragam 2 Stell
  • Tas dan Sepatu
  • Asrama
  • Outbond
  • Senam dan Fitnes
Kapan bisa mendaftar ke sekolah pramugari?
Ini juga berbeda-beda. Ada sekolah pramugari yang secara ketat membagi periode pendaftaran siswa barunya. Misalnya dengan rentang 6 bulan atau satu semester.

Ada juga yang bisa menerima pendaftaran sewaktu-waktu. Jadi kapanpun anda kepingin ya bisa daftar. Nanti anda akan diminta mengikuti tes interview. Tidak tahu untuk apa. Mungkin untuk membantu anda menentukan program mana yang paling cocok untuk anda, semacam placement test begitu. Bedanya, placement test normal itu melihat kemampuan akademik anda sebagai dasar penempatan anda sebaiknya di kelas yang mana, sementara ini berdasarkan kemampuan finansial dan level keinginan anda untuk secepatnya menjadi pramugari atau masih sanggup menunggu lebih lama.
Disclaimer:
Saya tidak menjamin seluruh atau sebagian informasi di dalam posting ini benar.
Carilah informasi sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan untuk bergabung ke sekolah pramugari tertentu.
Sebelum lanjut saya sarankan anda membaca tulisan dari Om Eko Probo berikut: Sekolah Pramugari, Perlukah?

Ada alternatif lain untuk menjadi pramugari selain melalui pendidikan di sekolah pramugari?
Saya tidak yakin. Tapi setahu saya, lumayan sering ada lowongan pekerjaan untuk menjadi pramugari yang tidak menyebutkan persyaratan bagi pendaftar-nya untuk punya sertifikat sudah lulus dari kursus-kursus semacam ini. Atau barangkali ada yang mau berbagi? Monggo… Supaya anda semua bisa jadi pramugari tanpa harus keluar uang banyak-banyak. Hehe….

Post a Comment for "Biaya Sekolah Pramugari"