Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bidang Keilmuan Apa Yang Tidak Mendapat Kategori Hadiah Nobel?

Trivia kali ini masih akan membicarakan Alfred Nobel dengan penghargaan prestisius dibidang ilmu pengetahuan-nya. Mungkin masih ada yang penasaran dengan penyebab mengapa Alfred Nobel mewariskan hampir seluruh harta kekayaannya untuk memberi penghargaan para ilmuwan dan penemu serta orang-orang yang berjasa besar bagi kemanusiaan? Silahkan baca: Latar Belakang Peristiwa Dibalik Pendirian Yayasan Nobel.

Kalau anda yang bertanya, bidang kelilmuan apa yang tidak ada kategori penghargaan hadiah Nobel?

Ayo, coba tebak. Apakah bidang bahasa? Emmm, ternyata bukan, karena ada penghargaan dalam kategori Literature. Atau Fisika? Jelas bukan. Ilmu Fisika – dan Kimia – adalah dua dari bidang keilmuan favorit Nobel. Lalu apa dunk?

Pada awalnya, Alfred Nobel hanya membuat 5 kategori bidang keilmuan yang mendapat penghargaan Nobel, yaitu, Fisika, Kimia, Obat-Obatan, Sastra, dan Perdamaian. Hmmmm, mulai terlihat janggal kan?

Matematika! Yupz! Betul! Ternyata ilmu Matematika tidak ada penghargaan Nobel-nya. Hmmm, kog bisa ya? Cukup aneh, mengingat Fisika dan Kimia, yang dekat sekali dengan Matematika ada kategori-nya. Masih tidak percaya? Lihat gambar ini:Kategori Penghargaan Nobel

Atau kalau masih penasaran, silahkan kunjungi Nobel Prize Official Site.

Baru pada tahun 1968, Sveriges Riksbank, bank sentral Swedia, menambahkan kategori Ilmu Ekonomi. Jadi ada 6 kategori sekarang. Tapi tetap ilmu Matematika tidak punya kategori khusus. Apa alasannya?

Mengapa Alfred Nobel tidak memasukkan ilmu Matematika dalam Penghargaan Nobel?

Jawabannya ternyata tidak ada yang cukup bukti sebagai jawaban palih sahih. Sudah hampir seabad pertanyaan ini ada dan belum ada jawabannya.

Beragam spekulasi yang lahir untuk menjawab misteri mengapa Alfred Nobel tidak memasukkan Matematika. Hanya sedikit teori yang cukup masuk akal.

Selama bertahun-tahun, ada rumor bahwa Alfred Nobel membenci Matematika karena istrinya pernah punya affair dengan seorang matematikawan. Ini agak susah diterima karena nyatanya, Alfred Nobel tidak pernah menikah.

Secara pribadi, Alfred Nobel memang tidak pernah memberi penjelasan mengenai hal ini.

Ada sebuah teori yang rasanya lebih masuk akal. Bahwa Nobel tidak menemukan Matematika sebagai sebuah ilmu yang praktis secara khusus, atau menganggap Matematika itu tidak menarik lagi untuk kemungkinan ditemukannya penemuan teoritis baru, terlebih yang praktis. Terlebih, ketika itu, sudah ada penghargaan khusus untuk studi Matematika di Swedia. Sudah ada Acta Mathematica yang dibentuk pada 1882. sumber: HTG Trivia

Post a Comment for "Bidang Keilmuan Apa Yang Tidak Mendapat Kategori Hadiah Nobel?"