Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peristiwa Apa Yang Memicu Alfred Nobel Memberikan Penghargaan Nobel?

Menurut perkiraan anda apa? Biasanya orang melakukan sesuatu karena dipicu oleh sebuah peristiwa penting. Semua peristiwa bisa menjadi pemicu. Demikian pula dengan Alfred Nobel. Beliau adalah seorang berkebangsaan Swedia yang dikenal sebagai penemu, ahli kimia, insinyur. Dan salah satu penemuannya yang paling dikenal adalah dinamit, bahan peledak yang kemudian banyak dipakai oleh pihak militer untuk berperang.

Alfred Nobel tidak hanya seorang penemu yang luar biasa, beliau juga adalah seorang pengusaha yang berhasil dan memiliki banyak perusahaan di banyak negara di seluruh dunia, termasuk perusahaan-perusahaan yang memroduksi dinamit, meriam, dan berbagai jenis amunisi senjata.

Peristiwa yang membuat Alfred Nobel memutuskan untuk memberi penghargaan Nobel

Pada tahun 1888, sudaranya, Ludvig, meninggal ketika sedang mengunjungi Cannes, Perancis. Ada koran lokal yang memuat obituary. Masalahnya, obituary tersebut ternyata salah alamat. Bukan untuk saudaranya Ludvig, melainkan untuk dirinya. Jadi orang-orang menyangka Alfred Nobel-lah yang meninggal.

Obituary tersebut menggunakan kalimat yang menyakitkan Alfred. Begini bunyinya, “The merchant of death is dead”, atau kalau kita artikan jadi “Sang Saudagar Kematian Mati”. Secara tidak langsung obituary tersebut menuduhnya sebagai penemu dinamit dan mengambil keuntungan dari penggunaannya oleh militer seluruh dunia. 

Alfred sangat merasa terganggu dengan isi obituary tersebut. Dia sedih karena dunia akan mengenangnya sebagai seorang pembunuh.

Sebagai reaksi atas obituary tersebut, dan juga keinginannya agar namanya dikaitkan dengan sesuatu yang positif, Alfred mewariskan, agar hampir seluruh hartanya, setelah kematiannya nanti, digunakan untuk Penghargaan Nobel.

Penghargaan Nobel ini diberikan untuk kategori Fisika, Kimia, Medis, Literatur, dan kepada orang-orang tertentu yang berjasa bagi kemanusiaan.

Upayanya ini berhasil. Hingga sekarang, jika mendengar kata ‘Nobel’ kita segera mengasosiasikannya dengan penghargaan Nobel, bukan Nobel yang penemu dinamit. sumber: HTG Trivia

Post a Comment for "Peristiwa Apa Yang Memicu Alfred Nobel Memberikan Penghargaan Nobel?"