Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Manajemen Produksi

Pengertian Manajemen Produksi | Ada dua hal setidaknya yang harus dikupas dari pengertian manajemen produksi. Pertama, manajemen itu apa? Dan kedua, Produksi itu apa? Dari keduanya kemudian kita tarik pernyataan kesimpulan untuk mendapatkan pengertian manajemen produksi yang baik.

Manajemen itu apa?

Singkatnya, manajemen itu proses merencanakan dan mengatur sumber daya untuk melaksanakan rencana demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Untuk lengkapnya, baca: Pengertian Manajemen Menurut Kamus dan Para Ahli.

Kalau Produksi itu apa?

Singkatnya begini, produksi adalah perbuatan atau kegiatan manusia untuk membuat suatu barang atau mengubah suatu barang menjadi barang yang lain. Baca Pengertian Produksi Menurut Para Ahli

Nah, sekarang kita simpulkan, dari kedua pengertian manajemen dan produksi diatas, maka:

Pengertian Manajemen Produksi

adalah salah satu cabang manajemen yang kegiatannya mengatur agar dapat menciptakan dan menambah kegunaan suatu barang dan jasa. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu dibuat keputusan-keputusan yang berhubungan dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan agar barang dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang direncanakan. Dengan demikian, manajemen produksi menyangkut pengambilan keputusan yang berhubungan dengan proses produksi untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

Dari definsi diatas, berarti tugas dari manajemen produksi ada dua yakni:

  1. Merancang sistem produksi
  2. Mengoperasikan sistem produksi untuk memenuhi persyaratan produksi yang ditentukan

Lebih lanjut, silahkan baca Aspek-aspek Manajemen Produksi.

Post a Comment for "Pengertian Manajemen Produksi"