Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Situs Belajar Cara Membuat Game

Ingin tahu bagaimana cara membuat game? Buat para gamer, mungkin lebih asik memainkan game daripada membuatnya. Tapi juga ada banyak orang yang kepingin membuat game. Selain dari buku, adakah situs online yang memberi tutorial untuk membuat game? Ada banyak kog. Mulai dari yang sekedar berbagi cara membuat game yang ditulis para blogger yang juga game maker, atau situs tersendiri yang mengkhususkan diri menyajikan tutorial cara membuat game dari awal sampai mahir.

Apa sih yang dibutuhkan untuk membuat game? Hmmm, jawabannya mempunyai rentang yang panjang nih. Tergantung dari game macam apa yang akan dibuat. Web based, PC game, atau game yang bisa dimainkan di TV, atau yang paling populer game untuk Android. Dari situ kebutuhan perangkatnya bisa sangat berbeda. Dari sekedar laptop biasa saja, sampai komputer dengan spesifikasi mumpuni. Itu perangkatnya.

Anda juga butuh software khusus untuk membangun game anda. Tapi yang paling penting adalah kemampuan anda sendiri. Seperti kemampuan programming, logika berpikir yang runtut. Kemampuan menterjemahkan ide anda ke dalam bentuk aplikasi game yang efektif.

Crysis 3

Belum lagi kemampuan yang berhubungan dengan estetika tampilan jadi game anda itu nantinya. Oleh sebab itu, biasanya, game tidak dibuat sendirian. Beberapa orang berkumpul untuk menyatukan gagasan, ide, dan kemampuan yang berbeda-beda untuk membangun sebuah game yang matang. Soal banyaknya, itu juga tergantung dengan seberapa kompleks game yang dibuat tersebut. Kalau semua dibuat sendiri, wadaw…, selain lama, kita juga akan cepat kehabisan energi dan perhatian. Waduw, sulit ya…? Jangan patah arang dulu…

Untuk itulah posting ini dibuat. Menunjukkan tempat atau situs online yang menyediakan tutorial cara membuat game yang gratis. Yang masih mau mencoba belajar membuat game sendiri, silahkan kunjungi situs-situs berikut ini:

Lazy Foo Tutorials

Lazy Foo Tutorials

Lazy Foo’s sudah ada selama bertahun-tahun. Situs tutorial membuat game ini cukup bagus untuk belajar pemograman awal pembuatan game. Dia menyediakan banyak tutorial mengenai SDL dan OpenGL, dua library grafis cross-paltform yang dapat menangani grafik 2D dan 3D. Tutorialnya ditulis dengan baik, mudah dan membuat Anda mudah berkenalan dengan library game menggunakan C++.

Supaya tidak terlalu ribet, mulailah dari tulisan yang umum-umum dulu, baru lanjut ke tutorial SDL kemudian OpenGL. Untuk grafis 2D tidak terlalu membutuhkan kemampuan matematika yang tinggi. Berbeda dengan 3D, anda harus bisa matematika. Tetapi kalau basic anda kuat dan percaya diri, silahkan langsung ke OpenGL. Anda bisa mengaksesnya di sini.

Aaron Cox

Aaron Cox merupakan situs gratis untuk belajar pemograman video game. Namun, situs ini lebih berfokus pada pembuatan game 2D menggunakan library  grafis SDL jadi, Anda dapat menyatukan pelajran yang di dapat dari Lazy Foo’s. Aaron memiliki gambaran SDL sendiri dan mereka memberikan fondasi yang kuat tetapi, kajian mereka tidak sedalam Lazy Foo’s.

Alas an Aaron Cox’s masuk dalam rekomendasi, karena dia memiliki banyak contoh game arcade menggunakan SDL. Dia memiliki tutorial lengkap untuk membuat kloningan Tetris, Pingpong dan Breakout. Ini penting untuk programmer pemula karena akan mengajari logika sebuah game. Anda perlu membentuk pola pikir dan paradigma, tutorial dari Aaron Cox’s akan membawa Anda. Anda bisa mengaksesnya di sini.

Pengembangan Game Tuts+

Tuts+ bukan hanya menyediakan tutorial untuk pemrograman game saja, Anda juga bisa menemukan tutorial disain. Disini tersedia banyak sekali tutorial pembuatan game. Tetapi, pada awalnya mungkin Anda bingung menavigasi situs ini namun, Anda akan dibimbing oleh Tuts+.

Tuts+ memberikan tutorial langkah demi langkah pemograman sebuah game. Pada awal masuk ke halaman pengembangan game klik lah tombol “New to Tuts+: Game Development? Start Here”. Ini akan membawa Anda ke pembuatan game dari dasar sekali. Untuk selanjutnya, Anda bisa mencoba-coba dengan panduan artikel yang lain dan di sini banyak sekali artikel yang tersedia. Berlatih terus dengan mengikuti panduan, Anda mungkin akan mahir.

Di situs ini yang diajarkan hanyalah pembuatannya saja. Anda tidak akan mendapat pelajaran logika game atau membuat ide-ide baru. Hal yang paling utama Anda peroleh dari situs ini adalah kemampuan membuat game. Masalah ide atau kreatifitas itu sudah bagian Anda sendiri. Anda bisa mengaksesnya di sini.

GameDev.net

gamedev.net

Belum lengkap rasanya bila tidak memasukkan GameDev.net. Situs ini merupakan situs komunitas internasional para pengembang game. Situs ini menjadi situs informatif untuk pengembang game pemula dan sudah mahir. Umur situs ini sudah 15 tahun dan tidak ada tanda-tanda dia akan mati dalam waktu dekat.

Di GameDev, Anda akan menemukan banyak sekali artikel yang ditujukan untuk pemula tetapi, yang lebih menguntungkan adalah Anda berkunjung ke forum mereka. Ada puluhan topic seperti from scratch, beginner questions, finding helpers dan coders, bisnis dan sisi hukum pengembangan game, workshop untuk mengasah keterampilan Anda dengan berbagai bahasa dan engines. Sayang sekali bila Anda melewatkan situs yang satu ini. Ini adalah situs yang memiliki sumber daya yang luar biasa. Anda bisa mengaksesnya di sini.

Siap membuat game anda sendiri? Jangan ragu untuk segera mengunjungi situs belajar cara membuat game di atas. Selamat mencoba ya….

1 comment for "Situs Belajar Cara Membuat Game"

Kobukai Indonesia May 28, 2015 at 9:07 AM Delete Comment
Ijin berbagi ke rekan-rekan yang punya hobi bikin game

http://heriadyblog.blogspot.com/2015/05/belajar-c-game-programming.html