Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah India Kuno

Sejarah India Kuno | Sebagai sebuah bangsa yang besar, bangsa India telah mengembangkan kebudayaannya jauh sebelum penghitungan tahun Masehi dimulai. Para ahli sepakat bahwa kebudayaan India kuno setidaknya sudah dimulai pada 2800 SM. Dalam berbagai penelitian mengenai sejarahnya, India dikenal memiliki tingkat peradaban yang sudah sangat tinggi, bahkan sebelum kedatangan bangsa Arya ke tanah India pada sekitar 1500 SM.

Bisa dikatakan bahwa seluruh kebudayaan kuno, selalu berkembang dekat dengan lembah sungai. Dengan berada di dekat air, mereka dapat melangsungkan kehidupan dan sungai adalah tempat yang cocok untuk hal tersebut. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Daerah yang dekat dengan sungai adalah daerah yang memiliki kekayaan alam yang besar. Sungai Indus di India tentu saja telah memiliki aspek-aspek tersebut, ditambah lagi sungai itu diapit oleh pegunungan-pegunungan besar yang memiliki kondisi flora dan fauna yang melimpah. Semuanya menjadikan sungai Indus sebagai salah satu sungai yang menjadi pusat peradaban kuno di dunia khususnya di daratan India.

Penemuan kebudayaan di sungai India kuno, berawal pada abad ke-19 (tahun 1870), dan mulai dieksplorasi oleh bangsa Inggris. Hingga sekarang, penggalian kebudayaan sungai India kuno tidak pernah berhenti, bahkan menemukan lagi sebuah aliran sungai kuno lainnya, pada dua sisi aliran sungai kuno ini tidak sedikit ditemukan juga peninggalan kuno lainnya.sisa-sisa peradaban sungai Indus

Mainstream Sejarah India Kuno

Yang saat ini dikenal luas sebagai sejarah India kuno adalah teori dari Max Müller. Seorang sarjana bahasa Sansekerta Universitas Oxford, yang ditugasi untuk menerjemahkan kitab Veda. Salah satu teorinya yang menimbulkan perdebatan besar adalah yang menyatakan bahwa bangsa Arya yang menurut dia berasal dari Jerman, menyerang atau melakukan invasi terhadap bangsa Dravida yang hidup di lembah sungai Indus.

Dalam pembahasan kali ini, Sejarah India Kuno akan dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu:

  1. Peradaban Lembah sungai Indus
  2. Peradaban Mohenjodaro dan Harappa
  3. Invasi bangsa Arya

Disamping pembahasan mengenai Invasi bangsa Arya ke India pada point tiga diatas, silahkan baca juga teori lain yang menyanggah terori tersebut dalam Kekeliruan Teori Invasi Bangsa Arya.

Sejarah kog bisa keliru ya? Kita tentu maklum bahwa sejarah atau penulisan sejarah suatu bangsa atau peristiwa dibuat dengan kepentingan penulisnya. Dan biasanya yang bisa menuliskan sejarah harus didukung oleh pihak penguasa. Kalau tidak maka tulisan tersebut tidak akan didukung. Di cekal bahkan sebelum ia diterbitkan.

Post a Comment for "Sejarah India Kuno"