Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Memilih Nama Brand Usaha Biar Cepat Dikenal

Bagaimana cara memilih nama atau brand usaha biar cepat dikenal?| Nama usaha akan membuat usaha anda dikenal dan diingat orang. Dan semua proses memilih nama itu butuh waktu serta pertimbangan yang matang. Tidak sesulit memilih nama untuk putra-putri anda sih. Tapi tetap saja memilih nama perusahaan yang akan anda dirikan itu rumit.

Untuk perusahaan-perusahaan besar, biasanya mereka sampai menyewa konsultan untuk menentukan akan pakai nama apa usaha mereka itu. Anda tentu masih ingat masa dimana hampir semua nama perusahaan besar menggunakan bahasa yang berbau-bau Sansekerta begitu. Bagus memang, terkesan berwibawa dan menimbulkan perasaan wow bagi masyarakat umum dan terutama calon customer-nya.

Apakah anda juga merasa perlu menggunakan bahasa “khusus” seperti itu untuk memilih nama usaha anda?

Tergantung dari jenis usaha anda sih. Jangan sampai jika memakai bahasa yang kita tidak kuasai malah jadi lucu karena keliru pakai. Itu bisa jadi petaka. Orang ingat usaha anda bukan karena produk atau jasa anda bagus, tapi karena nama yang keliru.

Lalu harus bagaimana? Apa sebaiknya sewa konsultan bahasa juga? Haha, kalau modal anda sebesar harapan anda akan menjadi sebesar apa perusahaan anda itu, ya silahkan. Tapi kalau buat kita-kita yang modal juga masih kumpul-kumpul, rasanya itu akan jadi pengeluaran yang tidak perlu.

cara memilih nama usaha branding

Coba kita ikuti tips memilih nama usaha berikut ini.

Brand usaha itu harus unik

Unik. Artinya tidak ada atau sangat sedikit perusahaan lain, entah yang produk atau jasanya sama dengan yang anda tawarkan atau tidak, yang juga memakai nama itu.

Untuk mencari kata yang unik, anda bisa mencari ide dengan mencari referensi dari usaha yang mirip-mirip dengan anda.

Anda bisa memakai nama anda sebagai nama usaha, asal anda yakin, minimal di kota anda, tidak ada orang lain yang juga memakai namanya sebagai nama usahanya.

Misalkan nama anda Arif. Kemudian anda ingin membuat persewaan mobil. Mudah saja, gunakan ‘Persewaan Mobil Arif’. Yakin tidak ada yang akan sama dengan anda?

Nama usaha itu harus sependek yang anda bisa temukan

Semakin pendek nama usaha, semakin mudah juga diingat customer. Itu sebabnya, ada cukup banyak perusahaan yang lebih banyak mempromosikan singkatan nama panjangnya dari pada nama yang sebenarnya. Misalnya AJBS. Anda tahu kepanjangannya kan? Yupz, AJBS itu singkatan dari Anak Jaya Bapak Sejahtera. Panjang banget kan? Dan untuk brandingnya, dia menggunakan nama AJBS Home Improvement Center.

Nama usaha harus mewakili produk atau jasa yang ditawarkan

Ketika memilih nama usaha, kita harus usahakan memasukkan produk atau jasa yang kita tawarkan ke dalam nama kita itu tadi.

Untuk perusahaan yang sudah dikenal, mudah saja. Sekarang, ketika orang mendengar kata AJBS, yang ada dipikiran adalah AJBS yang home improvement center itu. Bukan tempat lain.

Bagaimana dengan nama usaha anda? Sudah bisa seperti itukah?

Nama usaha itu harus positif atau netral

Yang dimaksud netral dan positif ini adalah kata yang tidak berkonotasi negatif terhadap sesuatu yang ada di daerah anda mendirikan usaha. Misalkan nama yang berbau bahasa tertentu, akan dengan mudah diterima kelompok masyarakat yang memang dekat dengan bahasa tersebut, tapi jadi menimbulkan stigma kurang bagus bagi calon pelanggan dari kelompok yang lain.

Intinya pilih kata yang tidak mewakili suku, golongan, ras, atau agama tertentu. Sehingga pasar anda tidak akan dibatasi oleh perbedaan tersebut. Kecuali anda memang memasarkan produk khusus untuk kalangan tertentu.

Bagaimana? Semoga tips diatas cukup membantu. Jika anda punya pendapat lain, silahkan di share dengan berkomentar ya…. Saya tunggu….

Post a Comment for "Tips Cara Memilih Nama Brand Usaha Biar Cepat Dikenal"