Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis Tanah Longsor

Setelah sebelumnya kita membahas cara mengatasi tanah longsor, sekarang waktunya kita mengetahui jenis-jenis tanah longsor. Ternyata ada banyak jenisnya loh. Bukan cuman sekedar longsor begitu saja. Paling tidak ada enam jenis tanah longsor.

Penggolongan tanah longsor ini dibedakan dari bidang dimana tanah tersebut bergerak, runtuhan, dan rombakan. Yang mana yang paling sering terjadi? Mari kita cirikan satu per satu.

  1. Tanah longsor translasi. Tanah longsor ini kerap terjadi dikarenakan adanya pergerakan massa tanah dan bebatuan yang terdapat di bidang gelincir berbentuk rata.
  2. Tanah longsor rotasi. Tanah longsor ini kerap terjadi dikarenakan adanya pergerakan massa tanah dan bebatuan yang terdapat di bidang gelincir berbentuk cekung.
  3. Tanah longsor blok batu. Tanah longsor ini kerap terjadi lantaran berpindahnya batuan yang berbergerak di bidang gelincir berbentuk rata.
  4. Tanah Longsor Runtuhan Batu. Tanah longsor ini ternasuk jenis yang parah. Umumnya terjadi di  bukit terjal dekat daerah pantai. Proses terjadinya longsoran jenis runtuhan batu ini ketika sejumlah besar batuan bergerak ke bawah melalui cara jatuh bebas. Ketika tanah longsor ini terjadi, maka kondisi yang berada di bawah akan sangat sangat parah. Pasalnya, batu-batu besar yang jatuh ke bawah.
  5. Tanah longsor rayapan tanah. Jika tanah longsor runtuhan batu begitu menyeramkan, maka tanah longsor rayapan tanah tidak terdeteksi. Hanya saja, masyarakat bakal mengetahuinya ketika pepohonan, atap rumah, tiang listrik dan lain-lain banyak terdapat tanah-tanah halus atau sedikit kasar. Proses terjadinya tanah longsor rayapan tanah terjadi secara perlahan-lahan dari atas ke bawah. Tak begitu menakutkan, tapi terjadi tanah longsor. Jenis tanah yang turun halus atau bahkan sedikit kasar.
  6. Tanah Longsor Bahan Rombakan. Tanah longsor ini terjadi dengan bantuan air hujan deras hingga membuat bebatuan yang besar ‘menggelinding’ bebas ke bawah. Tanah longsor bahan rombakan lebih parah dari tanah longsor runtuhan batu. Tanah longsor ini yang kerap memakan banyak korban jiwa. Posisi umum terjadinya tanah longsor ini berada di daerah lembah dan kecepatan jatuhnya bebatuan tergantung pada sisi kemiringan lereng, volume air, tekanan air, plus jenis material.

sumber: Anne Ahira

Post a Comment for "Jenis-Jenis Tanah Longsor"