Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Usaha yang Cocok untuk Pensiunan

Jenis Usaha yang Cocok untuk Pensiunan | Anda sudah pensiun? Atau mendekati masa pensiun? Atau barangkali anda adalah anak yang ingin berbakti sehingga sekarang sedang berusaha menjaga semangat orang tua anda dengan mencarikan rekomendasi jenis usaha yang sesuai untuk orang tua yang sebentar lagi akan memasuki usia pensiun?

Hehe, siapapun anda, jika sampai ke posting ini, maka saya asumsikan anda adalah orang yang tidak mau berhenti berkarya meski institusi tempat anda bekerja selama ini tidak lagi bisa mengerti bahwa anda masih sangat produktif dan mampu berkarya dan menghasilkan uang sendiri tanpa perlu bergantung pada orang lain untuk menggaji anda. Jika anda bisa menghasilkan uang sendiri, mengapa harus bekerja demi gaji? Ber-wiraswasta, menjadi pimpinan atas diri sendiri dengan kemungkinan memperkerjakan orang lain, itulah sebaik-baiknya pekerjaan. Semoga anda setuju. Haha….

orang tua masih bekerjacredit foto: www.jobfetcher.org

Pengaruh usia dan pengambilan keputusan

Semakin usia kita matang, (saya sengaja menghindari kata ‘tua’) semakin banyak pula yang menjadi bahan pertimbangan ketika hendak memutuskan tindakan tertentu. Ada kehati-hatian dan keengganan meninggalkan rasa aman karena biasa menerima perintah dan gaji yang ‘pasti’. Itu bagus, karena artinya kita akan mempertimbangkan segala kemungkinan.

Yang menjadi tidak bagus adalah, karena terlalu lama dan banyak menimbang, seringkali kita jadi keduluan mereka yang lebih nekat, lebih berani berspekulasi. Juga ada hambatan soal selera ketika kita menentukan produk. Orang berumur cenderung enggan mencoba menyesuaikan diri dengan selera pasar. Karena ingatan mereka tentang definisi produk yang bagus menurut pengalaman. Padahal, sebenarnya, mereka yang berpikiran seperti itu juga punya pasar tersendiri. Yaitu mereka yang seumuran dengan yang akan atau sudah pensiun tersebut. Dan jumlahnya besar sekali.

Orang usia pensiun: pasar!

Pada usia pensiun, rata-rata orang sudah mapan dengan keadaan ekonominya. Ada dukungan (atau rong-rongan) dari anak cucu. Dan enggan mencoba hal baru karena kenangan atas gengsi dan power diwaktu masih aktif bekerja. Bisa membayangkan betapa prospektifnya pasar usia ini? Gengsi! Itu sangat bisa dimanipulasi untuk bahan jualan. Haha… jahat banget ya…

Nah, mengapa tidak mencoba melakukan bisnis dengan pasar orang-orang yang berusia seperti ini? Soal layanan atau barang apa yang dijual itu terserah anda. Silahkan melakukan market research terlebih dahulu.

Ok, itu tadi dari sisi betapa besarnya pasar. Sekarang bisnis apa yang bisa dilakukan untuk mengisi masa pensiun?

Jenis usaha yang sesuai untuk pensiunan

Ada banyak sekali pilihan jenis usaha. Dan itu membingungkan. Ketika kita bingung, orang lain sudah berjalan bahkan berlari menjalankan usaha tersebut. Karakteristik pilihan usaha yang cocok bagi para pensiunan adalah sektor usaha yang tidak berisiko tinggi, tidak membutuhkan aktivitas fisik yang berlebihan, bisa dijalankan dari rumah saja atau sembari jalan-jalan, memanfaatkan jaringan relasi yang sudah terbentuk, tidak perlu mengerjakan hal-hal rumit dan njelimet karena proses, mudah dijalankan, dan menyenangkan.

Bisnis di sektor Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Sektor ini merupakan pilihan bisnis yang sangat tepat bagi para pensiunan. Sektor pertanian, perkebunan dan peternakan biasanya disenangi sebagian besar orang tua. Terlebih kebutuhan akan hasil pertanian dan peternakan sangatlah besar, sementara produsen yang ada belum menyerapnya secara maksimal.

  • Contoh: Bisnis peternakan ayam kampung, beternak lele atau ayam kate, membudidayakan ikan hias, bisnis makanan organik, bisnis tanaman hias.

Bisnis di Sektor Properti

Pilihan lain yang cocok bagi pensiunan adalah bidang property. Bisnis ini merupakan salah satu dari kebutuhan yang diperlukan oleh banyak orang dan enaknya lagi, Anda dapat menjalankannya dengan santai dari rumah saja. Investasi properti tidak ada ruginya, karena nilai jualnya selalu meningkat setiap tahun. Atau berbisnis kost-kostan dirumah atau lahan kosong yang Anda miliki juga sangat berpeluang, apalagi lokasinya di daerah kampus dan perkantoran pasti akan banyak yang membutuhkannya.

  • Contoh: Bisnis Kontrakan/Guest house, Bisnis Kost-kostan, Lahan yang Anda punya bisa dijadikan tempat penitipan kendaraan bermotor.

Bisnis di Sektor Sarana Transportasi

Sarana transportasi sudah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat dewasa ini. Membuka bisnis sarana transportasi juga merupakan pilihan bisnis yang menjanjikan bagi pensiunan. Sama seperti bisnis properti, bisnis ini pun dapat Anda jalankan dari rumah saja.

  • Contoh: Bisnis jasa antar jemput anak sekolah, bisnis penyewaan mobil, motor, sepeda maupun bus.

Bisnis yang Sesuai dengan Hobi Anda

Tentunya bisnis ini akan Anda jalankan dengan hati senang karena bisnis jenis ini sesuai dengan hobi Anda. Misalnya Anda senang menulis, Anda bisa mencoba menulis buku atau jika Anda hobi membaca dan mempunyai koleksi buku yang lumayan banyak, Anda bisa memulai bisnis membuka taman bacaan.

Post a Comment for "Jenis Usaha yang Cocok untuk Pensiunan"