Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Alasan Kuat Melanjutkan Studi di Jerman

Ketika banyak orang yang berpendapat bahwa studi di Jerman itu bagus, kira-kira apa sih alasan mereka? Apakah karena biaya? Atau karena memang kualitas pendidikan di universitasnya yang bagus? Atau karena kemudahan, fasilitas dan beasiswa bagi mahasiswa asing untuk kuliah di Jerman? Masing-masing orang tentu mempunyai alasan tersendiri. Nah, kali ini kita akan lihat alasan paling umum bagi mahasiswa Indonesia dan negara-negara lain untuk meneruskan studi di Jerman.

Sekilas tentang Jerman

Jerman adalah negara republik dengan menganut sistem federasi. Penduduknya sekitar 82 juta, 7,3 juta diantaranya adalah orang asing. Di sebelah utara, Jerman berbatasan dengan Denmark, di barat laut ada Belanda dan Belgia, Perancis dan Luksemburg di sebelah baratnya, di selatan berbatasan dengan Austria dan Swiss, sementara di timur, terdapat Republik Ceko dan Polandia.

Hampir setengah dari penduduk Jerman tinggal di 85 kota dengan populasi lebih dari 100.000 penduduk. Kehidupan multikultural yang semarak menghiasi kota-kota. “Kampung mahasiswa” seringkali terletak di bagian kota yang bersejarah, tempat Anda dapat menemukan semua yang Anda inginkan: bar dengan musik hidup, toko buku antik, sepeda bekas.

Rupanya, Jerman sudah memiliki sejarah sebagai negara tujuan studi di luar negeri sejak seratus tahun yang lalu. Universitas tertua di Jerman adalah Ruprecht-Karls-University Heidelberg yang didirikan tahun 1386.

Nah, inilah alasan untuk studi di Jerman saat ini:

  • peta universitas di Jermanterdapat lebih dari 300 institusi pendidikan tinggi yang tersebar di seluruh negeri. Saat ini, Jerman adalah negara dengan kepadatan universitas tertinggi di dunia

  • Biaya hidup bagi mahasiswa di Jerman dapat ditekan lebih rendah dengan cara menggunakan bantuan bagi mahasiswa dan potongan harga. Rata-rata biaya hidup 700 euro per bulan (per 2009)

  • Bahasa Jerman merupakan bahasa pertama yang paling banyak digunakan di Eropa oleh kurang lebih 100 juta penutur. Kekuatan bisnis dan industri Jerman serta aktivitas perusahaan dan korporasi Jerman yang makin mendunia juga menjadikan bahasa Jerman sebagai bahasa yang penting di pasar internasional

  • Pilihan aktivitas waktu luang yang luas yang ditawarkan baik di universitas maupun di luar universitas. Olahraga, kebudayaan atau hanya menghabiskan waktu malam, semua ada untuk memenuhi setiap selera

  • Beberapa institusi pendidikan tinggi Jerman menawarkan jurusan dengan gelar internasional. Jurusan tersebut dibuka untuk menarik mahasiswa asing dan Jerman yang mencari pendidikan dengan dimensi internasional. Rentang kesempatan studi mencakup jenjang S1, S2 dan S3 (Bachelor, Master dan Ph. D). Perkuliahan diselenggarakan dalam bahasa Inggris, seringkali selama tahun pertama sepenuhnya dalam bahasa Inggris. Kursus bahasa Jerman juga ditawarkan sebelum dan selama perkuliahan

  • Hampir semua universitas di Jerman dibiayai oleh negara. Sejauh ini mahasiswa Jerman dan asing dapat melaksanakan studi dan penelitian mereka tanpa perlu mengkhawatirkan uang kuliah. Situasi ini sekarang berubah. Universitas di Jerman mulai menerapkan uang kuliah. Bagaimana dan berapa besar uang kuliah tergantung dari kebijakan masing-masing negara bagian. Bagaimanapun besarnya uang kuliah di Jerman lebih rendah dibanding dengan negara barat lainnya.

Bagaimana? Masih ragu untuk studi di Jerman?

sumber: daatjkt.org

Post a Comment for "Inilah Alasan Kuat Melanjutkan Studi di Jerman"