Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cara Belajar Yang Benar Materi Yang Membosankan

Adakah cara belajar yang benar materi yang membosankan? Belajar sendiri bukan proses yang sederhana. Entah di sekolah atau di rumah, proses pemerolehan pengetahuan itu tidak bisa kita dapatkan secara sederhana. Benar-benar penyederhanaan yang tidak sederhana untuk mendapatkan hasil belajar yang bagus. Ada materi tertentu yang bisa dengan cepat kita pelajari, ada pula materi yang sepertinya sudah kita ulang-ulang memelajarinya, tapi hasilnya tidak terlalu bagus. Tetap saja lupa menjadi label paling pas untuk mewakili bahan materi itu.

Ok, tentu anda setuju bahwa proses belajar itu erat kaitannya dengan ingatan. Rasa bosan ketika kita memelajari suatu materi ternyata bisa dijelaskan oleh Ed Cooke, seorang ahli ingatan yang juga CEO dari perusahaan Memrise. Begini katanya, untuk mengatasi kebosanan tersebut dibutuhkan cara kreatif agar lebih mudah mengingat informasi yang dipelajari. Salah satu cara efektif yang sebenarnya sudah sering dilakukan adalah dengan menggunakan mnemonic atau metode menyingkat informasi penting menjadi kata yang menarik sehingga mudah diingat.

bosan belajarItu juga yang sering diajarkan bapak ibu guru supaya kita bisa mengingat sesuatu dengan mudah, contohnya mejikuhibiniu – untuk menghapalkan spektrum warna.

Cara menghafal materi yang membosankan juga bisa dilakukan dengan menghubungkan hal tersebut dengan benda atau hal yang sudah kita ketahui. Prinsip dasarnya adalah otak kita menyimpan informasi dengan prioritas berdasarkan infromasi lain yang sudah kita pahami. Dengan menghubungkan materi yang kita pelajari itu dengan kata – benda – hal yang sudah ada dalam otak kita maka informasi baru itu akan mendapat prioritas lebih.

Nah, selain lebih mudah dan sederhana, belajar dengan cara ini juga lebih menyenangkan. Sumber: Kompas

1 comment for "Tips Cara Belajar Yang Benar Materi Yang Membosankan"

tank linings March 19, 2013 at 9:25 AM Delete Comment
makasih utuk cara2nya