Michel Foucault Karya dan Pokok Pikiran

imageMichel Foucault Karya dan Pokok Pikiran – Pandangan filsafat Foucault banyak berbicara tentang apa itu ‘kekuatan,’ dan bagaimana dia bekerja memengaruhi, bagaimana kekuatan itu mengendalikan pengetahuan dan sebaliknya, serta bagaimana kekuatan juga digunakan sebagai kontrol sosial. Foucault dikenal karena pokok-pokok pikirannya tentang institusi sosial, psikiatri, obat-obatan antropologi sosial, ilmu pengetahuan, sistem penjara, dan sejarah seksualitas manusia.

Ada banyak ahli yang berpendapat bahwa dari sebagian besar karyanya, Foucault berupaya untuk memahami dirinya sendiri, juga memelajari kekuatan-kekuatan yang membuatnya memiliki hidup seperti yang ia jalani. Tiga karya terakhirnya yang adalah sebuah trilogi, memusatkan perhatiannya yang besar pada seks. The History od Sexuality (1980), The Care of the Self (1984) dan The Uses of Pleasure (1985).

Ketiga karya ini mencerminkan obsesi seumur hidupnya terhadap seks. Sebagian besar kehidupannya rupanya telah ditentukan oleh obsesi ini, khususnya tindakan homoseksualitasnya dan sadomasokismenya. Dalam lawatannya ke San Fransisco tahun 1875, ia mengunjungi dan sangat tertarik terhadap perkembangan komunitas homoseksual di kota itu. Dengan kata lain, dalam kehidupannya ia sangat tertarik pada “pengalaman luar biasa”.

Menurut strukturalisme Foucault dalam karya awalnya, kegilaan terjadi di dua tingkat dan di tingkat yang lebih dalam, “kegilaan adalah sebuah bentuk diskursus” (1965: 96). Khususnya sekurang-kurangnya di zaman kuno, kegilaan bukanlah perubahan mental atau fisik; “bahasa yang meracau adalah kegilaan yang sesungguhnya” (Foucault, 1965: 97).

Dalam karyanya The Birth of the Clinic, Michel Foucault terus menggunakan metode strukturalis. Di sini ia memusatkan perhatian pada diskursus kedokteran dan struktur yang melandasinya; apa yang berarti dalam hal-hal yang dikatakan seseorang tak selalu berarti apa yang mereka pikirkan, atau bukan berarti seberapa jauh hal-hal itu mencerminkan pemikiran mereka, karena yang dikatakan itulah yang mensistematiskan pemikiran dari semula, dan dengan demikian pemikiran membuatnya dapat diakses untuk diskursus baru dan terbuka untuk tugas pentransformasiannya.

Biografi singkat Michael Foucault

Michael Foucault lahir di Poitiers, Perancis, pada 1926. (15 October 1926 – 25 June 1984) Beliau kemudian bersekolah di Lycée Henri-IV and then the École Normale Supérieure, di mana dia mulai menunjukkan ketertarikan terhadap filsafat dan sangat terpengaruh oleh dua orang tutornya, Jean Hyppolite and Louis Althusser. Setelah beberapa tahun bekerja sebagai diplomat kebudayaan di luar negeri, dia kembali ke Perancis dan menerbitkan bukunya yang pertama: Madness and Civilization.

Antara 1960-1966, Foucault bekerja di University of Clermont-Ferrand, dia menulis dua buah karya pentingnya: Birth of the Clinic and The Order of Things, yang menunjukkan keterlibatannya dengan karya-karya strukturalisme, sebuah teori pergerakan dalam antropologi sosial yang di kemudian hari justru disangkalnya. Dari tahun 1966 sampai 1968, dia mengajar di University of Tunis, Tunisia, sebelum kembali lagi ke Perancis, di mana dia terlibat dalam beberapa pergerakan protes dan kelompok-kelompok sayap kiri. Dia juga menerbitkan The Archaeology of Knowledge, Discipline and Punish and The History of Sexuality.

Michael Foucault meninggal di Paris karena masalah syaraf yang berkomplikasi dengan HIV/AIDS. Dia adalah publik figure pertama di Perancis yang meninggal karena penyakit ini. Bersama dengan Daniel Defert, Foucault mendirikan lembaga amal AIDES.

Michale Foucault menolak predikat sebagai seorang post-strukturalis dan postmodernist yang dilabelkan atas namanya, dia lebih memilih untuk mengelompokkan pemikirannya sebagai sejarah modernitas.

Pengaruh Friedrich Nietzsche juga sangat kental dalam salah satu karnyanya yang dia sebut sendiri sebagai ‘genealogy of knowledge’.

Bibliografi Michale Foucault

1954 Mental Illness and Psychology trans. by A. M. Sheridan-Smith, (New York: Harper and Row, 1976)
1961 Madness and Civilization: A History of Insanity in the Age of Reason trans. by R. Howard, (London: Tavistock, 1965) - abridged; History of Madness ed. Jean Khalfa, trans. Jonathan Murphy and Jean Khalfa, (London: Routledge, 2006) - unabridged
1963 The Birth of the Clinic: An Archaeology of Medical Perception
1963 Death and the Labyrinth: the World of Raymond Roussel
1966 The Order of Things: An Archaeology of the Human Sciences
1969 Archaeology of Knowledge (first three chapters available[1] ) trans. A. M. Sheridan Smith (London: Routledge, 2002)
1971 "The Discourse on Language" translation appears as an appendix to the Archaeology of Knowledge trans. A. M. Sheridan Smith (New York: Pantheon, 1972), pp. 215-37
1975 Discipline and Punish: The Birth of the Prison
1976-84

The History of Sexuality

  • Vol I: The Will to Knowledge
  • Vol II: The Use of Pleasure
  • Vol III: The Care of the Self
 

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011-2013 Ayo Belajar is proudly powered by blogger.com | Disclaimer | Privacy Policy | Contact |
Design by Tutorial Blogspot